VILLAGE INSPIRATION

LOCAL   WISDOM
( Kearipan  Lokal )
1. Budi Luhur
Nenek moyang masyarakat pedesaan  sejak dulu   telah menanamkan  norma - norma  dan nilai - nilai  luhur seperti sopan santun, tata krama, kerukunan, gotong royong dan sebagainya. sehingga kehidupan masyarakatnya di desa berlangsung secara teratur, alamiah dan damai. Nilai - nilai luhur yang terdapat pada masyarakat,  dewasa ini mengalamai perubahan yang drastis  tergerus akibat  pengaruh arus globalisai.  Teknologi dan budaya asing kalau tidak benar-benar bisa mengendalikan diri dalam menyikapi  atau memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik, maka akan membawa pengaruh   luar biasa terhadap tatanan kehidupan  masyarakat,  nilai - nilai luhurpun bisa  menjadi luntur.  Sering dalam berita televise, media social dan lain-lain kita lihat berbagai peristiwa kejahatan, demikian juga halnya yang dilakukan anak terhadap orang tua, murid terhadap guru dan sebaliknya yang membuat miris dan ngeri apa yang mereka lakukan diluar norma norma agama  dan nilai-nilai luhur.  Semestinya nilai nilai luhur ( budi luhur ) sebagai warisan nenek moyang  harus  menjadi dasar dalam prilaku pebuatan sehari hari. Diera teknologi yang semakin maju tentunya masyarakat akan termotivasi/terdorong untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkan, akan tetapi nilai-nilai luhur warisan dari leluhur tidak boleh diabaikan  hendaknya  menjadi inspirasi bagi seseorang untuk mencapai tujuan dan mentalpun dirangsang untuk selalu berpikir positif.
2. Budaya
Budaya adalah cara hidup masyarakat pedesaan sebagai pewaris dari generasi ke generasi yang banyak ragamnya termasuk system agama, politik, adat istiadat, Bahasa, perkakas, cara berpakaian, bentuk bangunan, ragam kuliner dan karya seni. Kayanya akan budaya  suatu daerah bisa  menjadi modal dalam pengembangan bisnis suatu daerah manakala budaya tersebut terus digali dikembangkan dan dapat dipublikasikan lebih luas, sehingga daerah tersebut bisa dijadikan  desa wisata.  Peran generasi muda sangat penting dalam menjaga dan mengembangkan  budaya tersebut didukung oleh Lembaga Desa dan Dewan Kebudayaan Kapupaten serta masyarakat setempat.
Diujung timur Propinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Cilacap ada empat desa yang masuk wilayah Kabupaten Kuningan yaitu Desa Legokherang, Desa Pamulihan, Desa Jatisari dan Desa Mandapa Jaya. Desa - desa tersebut memiliki asset budaya yang beraneka ragam yang harus terus dikembangkan dan dilestarikan. Sebagai contoh "PESTA DADUNG" merupakan acara kesenian yang berasal dari Desa Legokherang yang terus dilestarikan sejak dulu sampai sekarang dan masih banyak budaya budaya lainnya yang perlu digali dan dikembangkan.
"Generasi penerus dan pewaris budaya hendaknya termotivasi untuk menggali dan mengembangkan budaya daerah,  dengan harapan  kelak menjadi Desa Budaya/wisata."
3. Kreatif
Tanpa mengurangi rasa hormat, kami juga  sangat menghargai privasi pembuat gambar/vidio  tersebut dan kami juga mengucapkan terima kasih sehingga bisa mempostingnya semoga  menjadi inspirasi.
Melihat gambar tersebut menggugah kembali,  ingatan kami pada masa-masa dulu ketika masih berada berbaur dengan masyarakat pedesaan yang sering kami sebut "Nagang Kolecer."  Pada masa itu  dimasyarakat pedesaan kami, Nagang Kolecer sudah menjadi tren salah satu budaya kreatif karena bisa menghibur semua lapisan masyarakat.
Budaya kreatif tersebut yang merupakan local wisdom sebagai  produk budaya dari masa lalu yang patut secara terus  menerus  dilestarikan. Oleh karena itu Festival Nagang Kolecerpun mestinya selalu ada dan diselenggarakan dalam even-even tertentu supaya dapat dikenal lebih jauh tentang kearifan lokal suatu daerah.  Meskipun disebut secara lokal, akan tetapi ada nilai-nilai kebaikan terkandung didalamnya  yang universal. Kearifan lokal (local wisdom) juga merupakan pengetahuan yang eksplisit yang muncul dari periode panjang yang berevolusi bersama-sama masyarakat lingkungan pedesaan  dan melekat dimasyarakat menjadi kearifan lokal sebagai sumber energi potensial.  Apapun jenis kreatif masyarakat pedesaan, tentunya diharapkan bisa menjadi gagasan  untuk membangun Desa Budaya. 






Written By  "Putra Citetel"
The \cognate Community
Agustus, 11. 2017

Komentar

Postingan Populer